Tema Iklan Kontekstual - Apapun produk yang anda miliki dan hendak diiklankan, maka usahakan agar iklan yang dibuat tersebut disesuaikan dengan tema atau realitas yang terjadi sekarang ini. Cobalah untuk memperkirakan beberapa kejadian atau peristiwa besar, yang secara periodic terjadi, baik bersifat tahunan maupun bersift bulanan dan berhasil menyedot perhatian public, seperti gempa bumi, tsunami, banjir, longsor, kecelakaan transportasi, kebakaran hutan, selebriti meninggal over dosis, selebriti tertangkap menggunakan narkoba, berbagai macam aksi kerusakan, poligami, penyebaran video pribadi, dan lain sebagainya yang sudah menjadi sesuatu yang sering terjadi dan terus terulang.
Berbagai macam kejadian tersebut sebenarnya topic yang dapat dijadikan ide besar dalam pembuatan iklan, namun masih jarang orang yang memanfaatkannya.. padahal, jika berbagai kejadian dan keadaan semacam ini berhail diramu dengan sedemikian rupa, dipoles, serta disingkronkan dengan produk yang dimiliki untuk dijadikan iklan, maka hasilnya akan luar biasa. Namun demikian, jangan sekali-kali anda membuat iklan yang berbau negative atau menjelekkan pihak lainnya, karena hamper semua orang tidak suka pada iklan yang berbau negative atau depressing. Walaupun iklan yang anda buat tentang masalah bencana, pastikan iklan tersebut memiliki pencahayaan optimis dan humor. Sehingga orang yang membacanya tidak merasa khawatir, namun justru menumbuhkan spirit baru dan keinginan untuk membeli produk yang anda iklankan. Meskipun tema besar yang anda ambil merupakan tema dari berbagai kejadian bencana alam, jangan sampai mengingatkan kembali cerita sedih tentang peristiwa tersebut.
Ada beberapa pertanyaan yang bias dijadikan acuan untuk mengukur kepercayaan terhadap apa yang anda miliki dan anda iklankan:
1. Bagaimanakah anda mampu membuktikan kepada mereka bahwa nada memiliki berbagai solusi terhadap masalah mereka?
2. Apakah produk anda dapat mereka andalkan untuk memberikan apa yang anda janjikan?
3. Apakah anda memiliki dokumentasi tentang hasil tes?
4. Buktikan bahwa produk anda dapat memenuhi janji. Mulailah dengan menjelaskan;
a. Bagaimana produk anda dapat berbeda dengan produk competitor?
b. Bagaimanakah cara anda untuk meyakinkan pada khalayak umum bahwa anda memang sangat cakap di bidang anda dan mempunyai kualifikasi untukmemecahkan berbagai masalah yang sedang mereka hadapi?
c. Apa saja kredensial anda?
d. Apakah anda mempunyai pengakuan professional dari rekan-rekan anda di bidang yang anda tekuni?
e. Apakah anda mempunyai persentase kepuasan pelanggan yang tinggi?
Berbagai pertanyaan diatas cobalah untuk terus dipantau dan tanyakan pada diri sendiri. Hal ini sangat penting dilakukan agar berbagai produk yang anda iklankan bias tetap eksis dan bertahan ditengah-tengah derasnya arus persaingan yang semakin ketat.
- Gunakan Gambar Sebagai Daya Tarik Iklan
- 5 LANGKAH BUAT IKLAN KREATIF DAN BAGUS
- Bahasa Iklan Singkat, Padat dan Jujur
- Head Line Iklan Harus Provokatif
- Metode Iklan Hanya Barang Tertentu
- Metode Iklan Bagi 1000 Pembeli Pertama
- Iklan Bersyarat meningkatkan penjualan
- Iklan yang Bisa Dipesan
- Iklan Haruslah Menarik
- Strategi yang Bagus dalam beriklan
- SENI MEMBUAT IKLAN YANG BAGUS DAN BERKUALITAS
- Jenis Iklan Media Cetak
- Kelebihan Iklan Media Cetak
- Kelemahan Iklan Media Cetak
- Cetak Sebagai Media Iklan
- Jenis-jenis Media Iklan Dilihat dari Kreativitasnya
- MEDIA YANG DIGUNAKAN DALAM BERIKLAN
- FUNGSI dan TUJUAN PERIKLANAN
- PRINSIP DASAR dalam IKLAN K 2
- PRINSIP-PRINSIP DASAR dalam IKLAN
- IKLAN DAN KAKUATAN PEMASARAN GLOBAL
- Definisi iklan yang baku di Indonesia