5 LANGKAH BUAT IKLAN KREATIF DAN BAGUS Semakin Kreatif Suatu Iklan Semakin Bagus
Kreatifitas pesan iklan merupakan hal yang istimewa yang harus diperhatikan. Kreativitas pesan iklan berfokus pada penonjolan keistimewaan khusus suatu produk. Keistimewaan tersebut tidak dimiliki oleh competitor lain, merupakan sesuatu yang dicer-cari konsumen, dan menjadi cirri khas produk anda. Prinsip utama kreativitas dalam sebuah iklan adalah membuka, memilih kemudian mengatur kembali, menggabungkan, menghasilkan fakta dan keahlian dari berbagai macam ide yang sudah ada sebelumnya (menggabungkan ide-ide yang telah ada untuk menciptakan sesuatu yang baru). Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri yang cukup berat.
Berikut ini beberapa pendekatan yang biasa digunakan dalam menciptakan sebuah iklan yang menarik dan bias diminati oleh banyak orang:
1. Plesetan
Plesetan yang anda buat dalam iklan harus ada relevansinya dan mengandung unsure humor yang menarik. Relevansi pada kontek ini mengcu pada kata aslinya, kemudian diplesetkan pada sesuatu yangumum atau dengan berbagai kejadian yang sedang menjadi topic pembicaraan public. Sehingga akan membuat orang tertarik dengan iklan yang anda buat.
2. Visual Produk
Visual produk adalah penggantian sebuah visual dengan visual lainnya. Mengganti secara keseluruhan baik ukuran maupun salah satu elemen, merupakan cara yang bias dilakukan untuk menambah daya tarik pada iklan yang dipasang. Dengan begitu iklan anda akan berbeda dengan iklan-iklan lainnya.
3. Logo
Untuk memberitahukan bahwa yang diiklankan adalah produk unggulan dan memiliki kelebihan disbanding produk lainnya, anda dapat menggunakan logo sebagai sumber ide dalam menyampaikan pesan tersebut.
4. Makna Ganda
Dalam beriklan ini anda dapat membuat sebuah symbol yang mewakili dua benda atau dua hal sekaligus. Dengan begitu, makna yang ditimbulkan akan sangat menarik karena setiap pembaca akan menasirkan symbol tersebut sesuai dengan tafsirannya masing-masing.
5. Fungsi Produk
Memindahkan fungsi dari suatu produk pada sesuatu yang bersifat lebih positif, untuk menbahkan dramatisasi dari benefit produk tersebut, juga merupakan jalan unik yang bias dilakukan dalam beriklan. Secara tidak langsung, iklan yang dibuat ini akanmemiuliki sesuatu yang berbeda dan lebih dari yang lain.
- Bahasa Iklan Singkat, Padat dan Jujur
- Head Line Iklan Harus Provokatif
- Metode Iklan Hanya Barang Tertentu
- Metode Iklan Bagi 1000 Pembeli Pertama
- Iklan Bersyarat meningkatkan penjualan
- Iklan yang Bisa Dipesan
- Iklan Haruslah Menarik
- Strategi yang Bagus dalam beriklan
- SENI MEMBUAT IKLAN YANG BAGUS DAN BERKUALITAS
- Jenis Iklan Media Cetak
- Kelebihan Iklan Media Cetak
- Kelemahan Iklan Media Cetak
- Cetak Sebagai Media Iklan
- Jenis-jenis Media Iklan Dilihat dari Kreativitasnya
- MEDIA YANG DIGUNAKAN DALAM BERIKLAN
- FUNGSI dan TUJUAN PERIKLANAN
- PRINSIP DASAR dalam IKLAN K 2
- PRINSIP-PRINSIP DASAR dalam IKLAN
- IKLAN DAN KAKUATAN PEMASARAN GLOBAL
- Definisi iklan yang baku di Indonesia
- Cara Pemeliharaan Bekicot
- Penyiapan Bibit BudiDaya Bekicot
- PEDOMAN TEKNIS BUDIDAYA BEKICOT
- Kelebihan Kekurangan Iklan FLYER